REPUBLIK INDONESIA
KEMENTERIAN NEGARA PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL/
BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL
PENGUMUMAN
Nomor :1150/B.02/9/2009
Dalam rangka mengisi Formasi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Negara Perencanaan
Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, maka akan dilakukan Seleksi Penerimaan
Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun Anggaran 2009 dengan ketentuan sebagai berikut :
I. KUALIFIKASI PENDIDIKAN
No. Pendidikan Program Studi/Jurusan Nama Jabatan Formasi
1. Pasca Sarjana (S.2) Pertahanan Perencana 1 Orang
2. Sarjana (S.1) Hukum Perdata Perencana 1 Orang
3. Sarjana (S.1) Hukum Tata Negara Perencana 1 Orang
4. Sarjana (S.1) Hukum Internasional Perencana 1 Orang
5. Sarjana (S.1) Hukum Administrasi Negara/Tata Usaha Negara Perencana 2 Orang
6. Sarjana (S.1) Ekonomi Studi Pembangunan Perencana 11 Orang
7. Sarjana (S.1) Ekonomi Manajemen Perencana 2 Orang
8. Sarjana (S.1) Administrasi Negara Perencana 1 Orang
9. Sarjana (S.1) Ilmu Politik Perencana 1 Orang
10. Sarjana (S.1) Hubungan Internasional Perencana 1 Orang
11. Sarjana (S.1) Sosiologi Perencana 1 Orang
12. Sarjana (S.1) Sastra Inggris Perencana 1 Orang
13. Sarjana (S.1) Geografi Perencana 1 Orang
14. Sarjana (S.1) Antropologi Perencana 1 Orang
15. Sarjana (S.1) Statistik Perencana 3 Orang
16. Sarjana (S.1) Teknik Informatika Perencana 4 Orang
17. Sarjana (S.1) Teknik Sipil Perencana 2 Orang
18. Sarjana (S.1) Teknik Sipil Transportasi Perencana 1 Orang
19. Sarjana (S.1) Teknik Sipil Sumber Daya Air/Pengairan Perencana 1 Orang
20. Sarjana (S.1) Teknik Planologi Perencana 3 Orang
21. Sarjana (S.1) Teknik Industri Perencana 2 Orang
22. Sarjana (S.1) Teknik Lingkungan Perencana 1 Orang
23. Sarjana (S.1) Geologi Perencana 1 Orang
24. Sarjana (S.1) Teknik Geodesi Perencana 1 Orang
25. Sarjana (S.1) Perikanan/Perikanan Laut Perencana 1 Orang
26. Sarjana (S.1) Sosial Ekonomi Pertanian Perencana 1 Orang
27. Sarjana (S.1) Ekonomi Akuntansi Perencana 1 Orang Auditor 1 Orang
28. Diploma III (D.III) Komputer Pranata Komputer 1 Orang
29. Diploma III (D.III) Perpustakaan Pustakawan 1 Orang
30. Diploma III (D.III) Akuntansi Auditor 1 Orang
31. Diploma III (D.III) Teknik Sipil Pengelola Bangunan 1 Orang
32. Diploma III (D.III) Sekretaris Arsiparis 5 Orang
II. SYARAT PENDAFTARAN
A. Persyaratan Umum :
1. Warga Negara Indonesia, berusia maksimum :
a. D.III : 30 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir setelah 30 November 1979);
b. S.1 dan S.2 : 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir setelah 30 November 1974);
2. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan, karena melakukan
suatu tindak pidana kejahatan;
3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai
PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;
4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI/POLRI;
5. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik;
6. Berkelakuan baik;
7. Berbadan sehat (jasmani dan rohani, serta tidak buta warna).
B. Persyaratan Khusus :
1. Berijazah sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang telah ditetapkan diatas;
2. Terakreditasi A bagi Perguruan Tinggi Swasta dari BAN – PT dan untuk Perguruan Tinggi Luar Negeri
harus diakui oleh Depdiknas. (Surat Tanda Lulus Sementara Tidak Berlaku);
3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) :
a. D.III minimal 2,60 (dua koma enam puluh);
b. S.1 minimal 2,75 (dua koma tujuh puluh lima);
c. S.2 minimal 3,30 (tiga koma tiga puluh).
C. Lain-lain :
1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui portal rekrutmen CPNS Kementerian Negara PPN/
Bappenas : http://rekrutmen.bappenas.go.id mulai tanggal 9 September 2009 pukul 00.00 WIB
sampai 17 September 2009 pukul 24.00 WIB;
2. Dalam proses penerimaan CPNS di lingkungan Kementerian Negara PPN/Bappenas ini tidak diadakan
surat menyurat dan tidak dipungut biaya apapun selama proses tes;
3. Biaya transportasi dan akomodasi selama mengikuti setiap tahapan tes ditanggung oleh pelamar;
4. Setiap Pengumuman, ditayangkan secara online pada portal rekrutmen CPNS Kementerian Negara
PPN/Bappenas : http://rekrutmen.bappenas.go.id dan pelamar dapat melihat pengumuman hasil
dari setiap tahapan tes pada portal tersebut (TIDAK DIUMUMKAN DI SURAT KABAR);
5. Keputusan Panitia dalam hal kelulusan pendaftar/pelamar pada setiap hasil tes bersifat mutlak dan
tidak dapat diganggu gugat;
6. Kelulusan pelamar pada setiap tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar. Apabila
ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan dapat diterima sebagai
CPNS di lingkungan Kementerian Negara PPN/Bappenas dengan meminta imbalan
tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan. Panitia tidak bertanggung jawab
atas perbuatan pihak/oknum tersebut;
7. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik
pada setiap tes, maupun setelah diangkat sebagai CPNS/PNS di lingkungan Kementerian Negara
PPN/Bappenas, maka Kementerian Negara PPN/Bappenas berhak mengugurkan kelulusan tersebut
dan atau memberhentikan CPNS/PNS di lingkungan Kementerian Negara PPN/Bappenas serta
menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut
dan melaporkan sebagai tindak pidana di Pengadilan Negeri, karena telah memberikan keterangan
palsu;
8. Bagi mereka yang dinyatakan lulus seluruh proses seleksi namun mengundurkan diri diwajibkan untuk
mengganti seluruh biaya yang telah dikeluarkan oleh panitia dan dibayarkan kepada Kas Negara
sebesar Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah).
III. TATA CARA REGISTRASI PELAMAR SECARA ONLINE
Setiap pelamar harus melakukan pendaftaran secara online melalui portal http://rekrutmen.bappenas.go.id
dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Pelamar diwajibkan mengisi pada posisi jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.
2. Pelamar mengisi data pribadi yang harus dilengkapi yaitu nomor KTP, nama lengkap, tempat dan tanggal
lahir, jenis kelamin, status pendidikan dan agama. Password mohon diisi.
3. Pelamar mengisi data kontak terkini dengan benar (alamat/no telepon).
4. Pelamar mengisi data tentang pendidikan pelamar sesuai dengan kualifikasi jabatan dan posisi jabatan
yang dipilih.
5. Pelamar mengisi data tentang pengalaman kerja pelamar.
6. Meng-upload dokumen-dokumen penting pendukung lamaran. Dokumen-dokumen tersebut adalah:
a. Foto maksimal ukuran file dibawah 100kb, Format file dalam bentuk ( .jpg /.gif/.tif) dan
b. Ijazah & Transkrip maksimal ukuran file dibawah 1Mb, Format file dalam bentuk ( .pdf)
7. Pelamar men-checklist kolom pernyataan pelamar yang menyatakan bahwa informasi yang di berikan
adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan.
8. Setelah melakukan registrasi, secara otomatis, data pelamar akan tersimpan dalam database kami, dan
pelamar akan menerima email konfirmasi. Email konfirmasi tersebut berisi nomor registrasi dan password
yang sudah ditentukan sebelumnya oleh pelamar (mohon dapat mengingat password).
9. Selanjutnya pelamar dapat login ke dalam portal Penerimaan CPNS Kementerian Negara PPN/Bappenas
untuk mengetahui hasil ataupun tahapan seleksi yang dilalui dengan menggunakan nomor registrasi
sebagai username dan password yang sudah ditentukan sebelumnya oleh pelamar.
III. TAHAPAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN CPNS
a. Tahapan Seleksi dan Jadwal Pelaksanaan
Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS tanggal 9 September 2009
Pendaftaran secara Online tanggal 9 September - 17 September
Pengumuman Pelamar yang lolos dalam Seleksi Administrasi tanggal 29 September 2009
Pengambilan Tanda Peserta Test tanggal 30 September – 9 Oktober 2009
Seleksi Tes Potensi Akademik tanggal 10 Oktober 2009
Pengumuman Pelamar yang lolos TPA tanggal 19 Oktober 2009
Seleksi Bahasa Inggris tanggal 24 Oktober 2009
Pengumuman Pelamar yang lolos Tes Bahasa Inggris tanggal 2 November 2009
Seleksi Psikologi tanggal 7 - 8 November 2009
Pengumuman Pelamar yang lolos Tes Psikologi tanggal 18 November 2009
Seleksi Wawancara tanggal 23-26 November 2009
Pengumuman CPNS Bappenas tanggal 3 Desember 2009.
b. Rincian Tahapan Seleksi
1. Seleksi Administrasi
Seleksi adminsitrasi adalah ketentuan awal yang dipersyaratkan untuk dipenuhi agar calon pendaftar
dapat diikutsertakan pada tahap seleksi berikutnya. Pelamar yang lolos tahap seleksi administrasi dan
namanya tercantum dalam pengumuman untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya diwajibkan
melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan jadwal dengan ketentuan:
Membawa dan menyerahkan dokumen :
Ijazah dan Transkrip asli
Pas photo 4X6 (1 lembar)
Fotocopy ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir (bukan fotokopi legalisir)
KTP dan Fotocopy KTP
Menandatangani Surat Pernyataan, dimana pelamar :
Memberikan Materai Rp. 6000.- (enam ribu rupiah)
Surat Pernyataan diberlakukan bagi peserta yang lulus hingga tahap akhir dan dinyatakan
diterima di Kementerian Negara PPN/Bappenas.
Sekretariat Panitia Pengadaan CPNS melakukan verifikasi ijazah dan identitas pelamar, apabila
Pelamar telah memenuhi ketentuan di atas dan memenuhi persyaratan yang ada akan
mendapatkan nomor peserta tes, yang harus dibawa pada setiap tahapan tes.
Catatan: Surat Tanda Lulus Sementara Tidak Berlaku atau Ijazah Sementara
dinyatakan tidak berlaku
2. Seleksi Tes Potensi Akademik
Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan tes tertulis yang dimaksudkan untuk mengungkap potensi
Akademik seseorang yang dianggap mendasari keberhasilannya untuk memangku suatu jabatan yang
memerlukan kemampuan intelektual.
3. Seleksi Bahasa Inggris
Tes Bahasa Inggris digunakan untuk mengungkap kemampuan bahasa Inggris seseorang.
4. Seleksi Psikologi
Seleksi Psikologi merupakan tes yang terdiri atas beragam teknik dengan pendekatan perilaku yang
dirancang untuk mengungkap sejumlah pengetahuan, ketrampilan, kemampuan dan sikap perilaku
terpenting yang dibutuhkan seseorang agar berhasil dalam menduduki posisi/ jabatan tertentu.
5. Seleksi Wawancara
Seleksi wawancara merupakan seleksi yang dilakukan dengan tatap muka secara langsung yang
dimaksudkan untuk mengetahui secara lebih mendalam mengenai pengetahuan umum, pengetahuan
tentang pekerjaan, keterampilan, produktivitas, disiplin, perilaku, sikap kerja dan pengalaman.
Catatan: Pelamar yang tidak mengikuti cara dan langkah-langkah yang ditentukan, dianggap gugur.
PERTANYAAN UMUM/FAQ SEPUTAR PENGADAAN CPNS DI
LINGKUNGAN KEMENTERIAN NEGARA PPN/BAPPENAS
1. Apa itu web e-recruitment Kementerian Negara PPN/Bapenas ?
e-rekrutmen CPNS Kementerian Negara PPN/Bappenas adalah sistem penerimaan CPNS untuk mengisi
formasi pegawai Kementerian Negara PPN/Bappenas yang dilakukan secara online. Sistem ini bertujuan
untuk meningkatkan transparansi dan aksesibilitas pelamar terhadap pelaksanaan Seleksi Penerimaan
CPNS Kementerian Negara PPN/Bappenas.
2. Apa yang bisa saya lakukan dalam web e-recruitment ini?
Pada sistem ini, terdapat fitur-fitur yang disediakan bagi pelamar untuk melakukan registrasi secara online,
mengakses sistem, dan mengetahui perkembangan terbaru dari proses perekrutan CPNS Kementerian
Negara PPN/Bappenas.
3. Informasi apa saja yang bisa saya dapatkan dari web e-recruitment ini ?
Selain dapat melakukan pendaftaran, pengunjung juga dapat memantau perkembangan status
penerimaan. Berita tentang Kementerian Negara PPN/Bappenas, dan lowongan yang tersedia.
4. Berapa lama web e-recruitment ini berjalan ?
Web e-recruitment ini akan berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan pada informasi
penerimaan CPNS.
5. Bolehkah lamaran disampaikan secara langsung kepada Panitia ?
Panitia tidak menerima lamaran secara langsung maupun via POS dari pelamar, berkas lamaran hanya
diterima via website secara on-line.
6. Apakah saya bisa mendaftar untuk dua posisi sekaligus ?
Tidak bisa, sistem hanya akan mengijinkan Anda untuk melakukan pendaftaran untuk satu posisi atau
jurusan saja.
7. Bagaimana dengan konversi nilai IPK bila saya berasal dari universitas luar negeri ?
Untuk konversi nilai menggunakan skala 4 dan lembar legalisasi di kirimkan bersama dengan dokumendokumen
lainnya.
8. Dimanakah dapat diperoleh informasi akreditasi perguruan tinggi ?
Untuk informasi Akreditasi perguruan tinggi dapat dilihat pada websites Badan Akreditasi Nasional dengan
alamat http://www.ban-pt.or.id/
9. Berapa ukuran maksimal foto yang dapat di upload ?
- Foto maksimal ukuran file dibawah 100kb, Format file dalam bentuk ( .jpg /.gif/.tif) dan
- Ijazah Transkrip maksimal ukuran file dibawah 800kb, Format file dalam bentuk ( .pdf)
10. Apakah password bersifat case-sensitive ?
Ya, password bersifat case-sensitive, maka mohon diperhatikan penggunaan karakter yang digunakan
(mis. huruf besar dan huruf kecil).
11. Apakah yang saya gunakan sebagai username untuk login ?
Username menggunakan nomor registrasi Anda.
12. Bagaimana dengan data-data yang saya inputkan ? apakah itu aman, dan tidak akan disalah gunakan?
Data yang Anda inputkan menjadi tanggung jawab kami, data yang Anda input kan hanya akan digunakan
oleh kami saja.
13. Terdapat berapa tahapan dalam tes ujian penerimaan Kementerian Negara PPN/Bappenas ini? Apa
sajakah itu ?
Tahap-tahapnya adalah Seleksi Administratif, Tes Potensi Akademik (TPA), Seleksi Bahasa Inggris, Tes
Psikologi, dan Seleksi Wawancara.
Silahkan ke http://rekrutmen.bappenas.go.id
Download Infonya DISINI
Kamis, 10 September 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar