Rabu, 16 September 2009

PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS BASARNAS TH 2009

P E N G U M U M A N :
Nomor : PENG. 19/IX/BSN Tahun 2009
TENTANG
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS)
BADAN SAR NASIONAL
FORMASI TAHUN ANGGARAN 2009

Badan SAR Nasional memberi kesempatan bagi Warga Negara Indonesia pria dan wanita yang memiliki kualifikasi pendidikan S-2/ S-1, D-III, dan SMK/SMU untuk mengikuti Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan SAR Nasional Formasi Tahun Anggaran 2009.

I. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia.
2. Berijazah S-2/ S-1, dan D-III baik dari lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), dan apabila berstatus diakui maupun terdaftar harus berijazah ujian negara / terakreditasi.
3. Berijazah SMK/SMU Negeri atau Swasta yang berstatus diakui.
4. Bagi yang berijazah S-2/ S-1, dan D-III diutamakan yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat / TOEFL dan dapat mengoperasikan Program Komputer Ms. Office.
5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan.
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri, atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta.
7. Tidak berkedudukan sebagai Calon / Pegawai Negeri / TNI / POLRI.
8. Berkelakuan Baik.
9. Sehat Jasmani dan Rohani.
10. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

II. PERSYARATAN KHUSUS
1. Pada tanggal 1 Desember 2009 berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas tahun) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun, dan khusus untuk pelamar sebagai Rescuer diutamakan berusia 25 (dua puluh lima) tahun.
2. Bagi pelamar sebagai Rescuer, memiliki tinggi badan minimal 163 cm (untuk pelamar Laki-laki) atau 155 cm (untuk pelamar Perempuan), serta memiliki berat badan proporsional.
3. Bagi yang berijazah S-2/S-1 dan D-III, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,75 (dua koma tujuh puluh lima), dan bagi SMK/SMU memiliki Nilai Ijasah sekurang-kurangnya rata-rata 6 (enam).
Catatan :
Panitia akan memberlakukan sistem ranking berdasarkan nilai IPK dan Nilai Ijazah tertinggi dan kompetensi lainnya sesuai dengan kebutuhan jabatan untuk menentukan jumlah peserta ujian apabila jumlah pelamar yang memenuhi persyaratan melebihi jumlah peserta ujian yang ditentukan.

III. FORMASI CPNS BADAN SAR NASIONAL TAHUN ANGGARAN 2009 SELENGKAPNYA (TERMASUK KODE KUALIFIKASI PENDIDIKAN, KODE JABATAN YANG DILAMAR SERTA KODE UNIT KERJA YANG DILAMAR) DAPAT DILIHAT PADA LAMPIRAN PENGUMUMAN INI.

IV. KETENTUAN PENDAFTARAN
A. UNTUK LULUSAN S-2/ S-1 DAN D-III YANG MELAMAR UNTUK FORMASI KANTOR PUSAT BADAN SAR NASIONAL
1. Untuk lulusan S-2/S-1 dan D-III yang melamar untuk Formasi Kantor Pusat Badan SAR Nasional yang meliputi unit kerja Sekretariat Utama (Biro Perencanaan dan Kerjasama Teknik Luar Negeri, Biro Hukum dan Kepegawaian, Biro Umum, Pusat Data dan Informasi, dan Inspektorat), Deputi Bidang Potensi SAR (Direktorat Sarana dan Prasarna, dan Direktoat Diklat dan Pemasyarakatan SAR), dan Direktorat Bidang Operasi SAR (Direktorat Operasi, dan Direktorat Komunikasi), pendaftaran hanya dilayani secara ONLINE melalui www.dephub.go.id sejak tanggal 15 sampai dengan 29 September 2009 dan Pelamar wajib mencetak Formulir Pendaftaran beserta pernyataan menyetujui ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan.
2. Foto copy Hasil Print Out Pendaftaran tersebut butir 1 yang merupakan Bukti Pendaftaran melalui ONLINE, WAJIB dilampirkan sebagai kelengkapan Berkas Administrasi Lamaran dan dikirim melalui PO BOX 1860 Jakarta 10018, serta paling lambat diterima tanggal 29 September 2009 Cap Pos.
3. Tim Pengadaan CPNS Badan SAR Nasional Formasi Tahun Anggaran 2009 baru akan memproses lamaran setelah menerima Berkas Administrasi Lamaran dan Bukti Pendaftaran ONLINE diterima sesuai dengan ketentuian butir IV. 2 tersebut di atas.
4. Berkas Administrasi Lamaran yang dikirim tanpa disertakan Bukti Pendaftaran ONLINE dinyatakan gugur, dan sebaliknya Bukti Pendaftaran ONLINE tanpa disertai Berkas Administrasi Lamaran juga dinyatakan gugur.

5. Berkas Administrasi Lamaran terdiri dari:
a. Surat Lamaran ditulis tangan oleh yang bersangkutan dengan tinta hitam yang ditujukan kepada: KEPALA BADAN SAR NASIONAL Up. Tim Pengadaan CPNS Badan SAR Nasional Formasi Tahun Anggaran 2009 di Jakarta;
b. Pas Foto berwarna terbaru berlatar belakang merah (untuk S-2/S-1) dan berlatar belakang warna biru (untuk D-III) ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar;
c. Foto Copy Kartu Pencari Kerja yang masih yang berlaku yang dikeluarkan oleh instansi yang bertanggungjawab di bidang ketenagakerjaan;
d. Foto Copy Ijazah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
e. Foto Copy Transkip Nilai atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang sah;
f. Foto Copy Sertifikat Kursus yang pernah diikuti, jika ada;

6. Bukti Pendaftaran ONLINE beserta Berkas Administrasi Lamaran dikirimkan ke PO BOX 1860 Jakarta 10018.
7. Setiap pelamar hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) berkas lamaran dan pelamar hanya diperkenankan untuk melamar 1 (satu) jabatan formasi yang tersedia.
8. Pada Amplop Berkas Administrasi Lamaran dicantumkan Kualifikasi Pendidikan beserta Kode Kualifikasi Pendidikan dan Jabatan yang dilamar beserta Kode Jabatan Yang Dilamar serta Unit Kerja beserta Kode Unit Kerja yang dilamar pada Bagian Kanan Atas Amplop.
9. Pelamar yang tidak mencantumkan Kualifikasi Pendidikan beserta Kode Kualifikasi Pendidikan dan Jabatan yang dilamar beserta Kode Jabatan Yang Dilamar serta Unit Kerja beserta Kode Unit Kerja yang dilamar, dinyatakan gugur dalam Seleksi Administrasi.

B. UNTUK LULUSAN S-1, D-III DAN SMU/ SMK YANG MELAMAR UNTUK FORMASI PADA KANTOR SAR
1. Pendaftaran hanya dilayani sejak tanggal 15 s/d 29 September 2009, dan dialamatkan kepada:
a. Kantor SAR Medan, dengan PO BOX 6711 Medan 20157;
b. Kantor SAR Jakarta, dengan PO BOX 1110/TNG BUSH 19100;
c. Kantor SAR Surabaya, dengan PO BOX 116 Sidoardjo 61200;
d. Kantor SAR Denpasar, dengan PO BOX 1036 TBB 80362;
e. Kantor SAR Makasar, dengan PO BOX 14 MSDY 90241;
f. Kantor SAR Biak, dengan PO BOX 112 Biak
g. Kantor SAR Banda Aceh, dengan PO BOX 102 Banda Aceh;
h. Kantor SAR Padang, dengan PO BOX 398 Padang;
i. Kantor SAR Pekanbaru, dengan PO BOX 1384 Pekanbaru;
j. Kantor SAR Tanjung Pinang, dengan PO BOX 10 Tj. Pinang 29000;
k. Kantor SAR Palembang, dengan PO BOX 1210 Palembang;
l. Kantor SAR Mataram, dengan PO BOX 204;
m. Kantor SAR Semarang, dengan PO BOX 1318/ SM;
n. Kantor SAR Kupang, dengan PO BOX 01 Kupang Airport 85361;
o. Kantor SAR Pontianak, dengan PO BOX 7892 Pontianak;
p. Kantor SAR Banjarmasin, dengan PO BOX 1117 Banjarbaru 70700:
q. Kantor SAR Balikpapan, dengan PO BOX 001 Balikpapan 76112
r. Kantor SAR Kendari, dengan PO BOX 115 Kendari 93000;
s. Kantor SAR Manado, dengan PO BOX 23 Kantor Pos Mapanget Manado 95374;
t. Kantor SAR Ambon, dengan PO BOX 1024 Ambon;
u. Kantor SAR Sorong, dengan PO BOX 233 Sorong 98417;
v. Kantor SAR Jayapura dengan PO BOX 291 Sentani Jayapura;
w. Kantor SAR Timika dengan PO BOX 1111/ Timika;
x. Kantor SAR Merauke dengan PO BOX 185 Merauke;

2. Berkas Administrasi Lamaran terdiri dari:
a. Surat Lamaran ditulis tangan oleh yang bersangkutan dengan tinta hitam yang ditujukan kepada: KEPALA BADAN SAR NASIONAL Up. Tim Pengadaan CPNS Badan SAR Nasional Formasi Tahun Anggaran 2009 Kantor SAR …….. (diisi sesuai dengan Lokasi Kantor SAR yang dilamar);
b. Pas Foto berwarna terbaru berlatar belakang merah (untuk S-2/S-1) dan berlatar belakang warna biru (untuk D-III dan SMU/SMK) ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar;
c. Foto Copy Kartu Pencari Kerja yang dikeluarkan oleh instansi yang bertanggungjawab di bidang ketenagakerjaan;
d. Foto Copy Ijazah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
e. Foto Copy Transkip Nilai atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang sah (bagi S-2/S-1 dan D-III), nilai Ijazah (bagi SMU/SMK);
f. Foto Copy Sertifikat Kursus yang pernah diikuti, jika ada.

3. Setiap pelamar hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) berkas lamaran dan pelamar hanya diperkenankan untuk melamar 1 (satu) jabatan formasi yang tersedia.

4. Pada Amplop Berkas Administrasi Lamaran dicantumkan Kualifikasi Pendidikan beserta Kode Kualifikasi Pendidikan dan Jabatan yang dilamar beserta Kode Jabatan Yang Dilamar serta Unit Kerja beserta Kode Unit Kerja yang dilamar pada Bagian Kanan Atas Amplop.
5. Pelamar yang tidak mencantumkan Kualifikasi Pendidikan beserta Kode Kualifikasi Pendidikan dan Jabatan yang dilamar beserta Kode Jabatan Yang Dilamar serta Unit Kerja beserta Kode Unit Kerja yang dilamar, dinyatakan gugur dalam Seleksi Administrasi.

C. KHUSUS UNTUK LULUSAN SMU/SMK YANG MELAMAR SEBAGAI RESCUER UNTUK FORMASI KANTOR PUSAT BADAN SAR NASIONAL, LAMARAN DITUJUKAN KEPADA KANTOR SAR JAKARTA, DAN PROSESNYA MENGIKUTI PROSES YANG DITETAPKAN OLEH KANTOR SAR JAKARTA.

V. TAHAPAN DAN PELAKSANAAN SELEKSI

A. UNTUK LULUSAN S-2/ S-1, DAN D-III

1. Seleksi dilaksanakan dengan sistem gugur melalui tahapan sebagai berikut:

a. Hasil seleksi administrasi direncanakan akan diumumkan antara tanggal 5 sampai dengan 8 Oktober 2009;
b. Pelamar yang lulus Seleksi Administrasi akan diberikan Tanda Peserta Seleksi Tertulis yang direncanakan akan dibagikan pada tanggal 12 sampai dengan 16 Oktober 2009;
c. Tempat pengambilan Tanda Peserta Seleksi Tertulis bagi lulusan S-2/S-1 dan D-III yang melamar untuk mengisi Formasi pada Kantor Pusat Badan SAR Nasional akan ditetapkan oleh panitia yang diumumkan melalui www.dephub.go.id dan/atau www.basarnas.go.id.
Adapun bagi lulusan S-2/S-1 dan D-III yang melamar untuk mengisi Formasi pada Kantor SAR, tempat pengambilan Tanda Peserta Seleksi Tertulis dilakukan pada masing-masing Kantor SAR tempat mendaftar;
Catatan :
Pada saat pengambilan Tanda Peserta Seleksi Tertulis, pelamar wajib datang sendiri dan tidak dapat diwakilkan serta diwajibkan membawa identitas diri (KTP/SIM/Paspor atau sejenisnya yang masih berlaku) dan pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang berwarna merah (bagi S-2/S-1) atau berwarna biru (bagi D-III dan SMU/SMK) ukuran 3 x 4 sebanyak 4 (empat) lembar dengan mencantumkan nama dan jabatan yang dilamar di balik pas foto;

d. Seleksi Tertulis, terdiri dari TES KOMPETENSI DASAR (TKD), yang meliputi Tes Pengetahuan Umum (TPU), Tes Bakat Skolastik (TBS) dan Tes Skala Kematangan (TSK) serta TES KOMPETENSI BIDANG (TKB), berupa Tes Substansi (TS) mengenai Badan SAR Nasional yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2009;
e. Seleksi Keahlian dan Keterampilan (wawancara), bagi peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Tertulis Tingkat Sarjana (S-2/S-1) direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 12 November 2009, dengan lokasi sebagai berikut:
1) Kantor Pusat Badan SAR Nasional, bagi yang melamar untuk formasi Kantor Pusat Badan SAR Nasional, Kantor SAR Jakarta, Kantor SAR Semarang, Kantor SAR Pontianak, dan Kantor SAR Palembang;
2) KANTOR SAR SURABAYA, bagi yang melamar untuk formasi Kantor SAR Surabaya, Kantor SAR Denpasar, Kantor SAR Makasar, Kantor SAR Mataram, Kantor SAR Kupang, Kantor SAR Banjarmasin, dan Kantor SAR Balikpapan;
3) KANTOR SAR AMBON, bagi yang melamar untuk formasi Kantor SAR Ambon, Kantor SAR Kendari, Kantor SAR Manado, Kantor SAR Sorong, Kantor SAR Jayapura, Kantor SAR Timika, dan Kantor SAR Merauke;
4) Kantor SAR Medan, bagi yang melamar untuk formasi Kantor SAR Medan, Kantor SAR Banda Aceh, Kantor SAR Tanjung Pinang, Kantor SAR Padang, dan Kantor SAR Pekanbaru.

2. Nama Peserta yang dinyatakan lulus pada tiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui WEBSITE dengan alamat www.dephub.go.id dan/atau www.basarnas.go.id, atau papan-papan pengumuman pada masing-masing Kantor SAR.

B. UNTUK LULUSAN SMK/SMU YANG MELAMAR SEBAGAI RESCUER

Seleksi dilaksanakan dengan sistem gugur melalui tahapan sebagai berikut:

1. Hasil seleksi administrasi direncanakan akan diumumkan pada lokasi Kantor SAR tempat pendaftaran pada tanggal 5 sampai dengan 8 Oktober 2009.
2. Pelamar yang lulus Seleksi Administrasi akan diberikan Tanda Peserta Seleksi Fisik yang direncanakan akan dibagikan pada tanggal 8 sampai dengan 9 Oktober 2009. Adapun tempat pengambilan Tanda Peserta Seleksi Fisik adalah pada Lokasi Kantor SAR yang dilamar.
Catatan :
Pada saat pengambilan Tanda Peserta Seleksi Fisik, pelamar wajib datang sendiri dan tidak dapat diwakilkan serta diwajibkan membawa identitas diri (KTP/SIM/Paspor atau sejenisnya yang masih berlaku) dan pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang berwarna biru ukuran 3 x 4 sebanyak 1 (satu) lembar dengan mencantumkan nama dan jabatan yang dilamar di balik pas foto.
3. Pelaksanaan Seleksi Fisik dan Test Kesehatan akan dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 15 Oktober 2009.
4. Pelamar yang lulus seleksi fisik dan test kesehatan direncanakan akan diumumkan pada tanggal 16 sampai dengan 17 Oktober 2009 di lokasi Kantor SAR yang dilamar.
5. Pelamar yang lulus Seleksi Fisik akan diberikan Tanda Peserta Seleksi Tertulis yang direncanakan akan dibagikan pada tanggal 19 sampai dengan 20 Oktober 2009 dengan bertempat pada masing-masing Kantor SAR.
6. Pelamar yang lolos Seleksi Fisik, berhak mengikuti Seleksi Tertulis yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2009, berupa TES KOMPETENSI DASAR (TKD), yang meliputi Tes Pengetahuan Umum (TPU), Tes Bakat Skolastik (TBS) dan Tes Skala Kematangan (TSK) serta TES KOMPETENSI BIDANG (TKB), berupa Tes Substansi (TS) mengenai Badan SAR Nasional.

INFO FORMASI dan JURUSAN, Silahkan Download DISINI

Daftar Online DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar

Admin

 
 
Copyright © Duniakerja
Designs By adsensecepat